Tuesday, May 20, 2008

I'm Sorry Goodbye, Digg!

Hai teman,

Hari ini saya baru menyadari suatu kesalahan yang sebenarnya telah saya lakukan dua minggu lalu. Malam ini ketika akan submit ke digg.com, saya sama sekali tidak dapat masuk ke web tersebut. Selalu mendapati tulisan serem ini: Doh! An unknown fatal exception has occurred.

Setelah cek and cek lagi, saya baru ngeh kalo akun saya telah kena banned, dengan tuduhan melakukan spamming. Duh.

Yang lebih memilukan, seluruh history dari semua blog/web saya di digg.com ikut di-remove. Padahal, dari laporan google analytics saya mengetahui kalau lebih dari 40% traffic ke blog/web saya masuk melalui digg.com ini.

Saya coba merenungi kembali kesalahan apa yang telah saya buat. Dan, baru ingat pada eksperimen (yang ternyata fatal!) yang telah saya lakukan beberapa minggu lalu. Tapi maksud saya untuk melakukan eksperimen tersebut sama sekali bukan untuk spamming. Semata-mata eksperimen. Teman-teman semua pasti paham kan kalau adakalanya kita perlu bereksperimen atau berimprovisasi atas teori/strategi yang telah kita peroleh. Tapi beginilah, saya harus menanggung semua akibatnya, walaupun sangat pahit bagi saya :-(

Namun hidup harus terus berlanjut. Saya akan mulai dari awal lagi. Masih banyak kok social bookmarking site lain yang tidak kalah seru dibanding digg.com (hehehe...).

Satu pelajaran penting yang saya dapat dari peristiwa ini (dan mudah-mudahan bisa juga menjadi pelajaran bagi teman-teman semua) adalah selalu membaca dengan teliti (lagi dan lagi) Term of Service (TOS) atau aturan main dari penyedia jasa seperti ini. Hal-hal kecil yang kita anggap sepele mungkin dianggap sebagai tindakan spam oleh mereka:-)

Terus terang, setelah kejadian ini saya agak-agak trauma gimana gitu ya:-)...saya kembali membaca semua TOS dari social site atau layanan free marketing yang saya daftar...hehehe.

Maafkan saya...selamat tinggal digg.com ku, selamat tinggal teman-teman semua di sana. Semoga ada kesempatan untuk bersenang-senang kembali di digg.com.

Digg.com, I'm sorry goodbye! (hiks!)

P.S. Kalau anda ke Google dan melakukan pencarian dengan keyword 'cari uang dengan blog', maka urutan ketiga dalam SERP adalah salah satu history saya di digg.com. Tapi begitu Anda klik, Anda akan menjumpai tulisan ini: Oops, what you're looking for isn't here! :-)