Wednesday, October 16, 2013

Web hosting gratis

Sebagai penggiat kegiatan cari uang online, memiliki website atau blog dengan alamat pilihan sendiri tentu bisa memberi keuntungan bagi Anda, salah satunya karena membuat website/blog Anda terlihat lebih profesional.

Alamat sendiri yang saya maksud di sini misalnya www.NamaPilihanAnda.com, atau yang semacam itu. Sebenarnya ada banyak versi gratisan untuk tempat hosting web/blog, salah dua yang paling banyak penggunanya adalah wordpress dan blogspot. Kalau hosting di tempat ini maka alamat web/blog Anda akan menjadi semacam www.NamaPilihanAnda.wordpress.com atau www.NamaPilihanAnda.blogspot.com. Kelihatan panjang coy! :p

Sementara, sewa domain name dan web hosting dengan alamat pilihan sendiri seperti yang pertama di atas itu sekitar 250 ribu per tahun.

Namun, sebagai pemula dalam kegiatan cari uang dengan blog/website, mengeluarkan uang sejumlah tersebut merupakan pertaruhan pikiran dan batin juga ya. Seenggaknya begitulah yang saya alami di masa awal menggeluti kegiatan ini. 

Keraguan semacam "bisa gak ya saya memaksimalkannya?", atau "jangan-jangan saya gak bisa mengisi web/blognya,kan rugi?!", adalah beberapa pertanyaan yang biasa mengganjal di pikiran.

Nah, sekarang Anda tidak perlu galau lagi tentang ini. Sebab sudah ada layanan paket domain name dan web hosting dengan alamat yang bisa Anda pilih sendiri. Walaupun masih ada sedikit embel-embel, tapi setidaknya alamat web/blog Anda menjadi agak sedikit lebih profesional penampakannya dan lebih pendek bila dibandingkan kedua platform gratis di atas. Dan yang lebih penting, gratis. :D

Tersebutlah idhostinger. Layanan karya Anak negeri kita ini memberi Anda fasilitas disk space hingga 200 MB, bandwith 100 GB, dan 2 database MySQL. Selain itu terdapat juga fasilitas web builder dan lain-lain. Semuanya bisa Anda gunakan untuk web hosting dengan domain name (atau alamat) yang bisa Anda pilih sendiri, ditambah sedikit ekstensi.

Saya sudah sekitar dua tahun lamanya menggunakan layanan idhostinger ini sebagai tempat hosting untuk website dan blog perkuliahan saya. Dan selama waktu tersebut belum pernah sekalipun saya dikecewakan, misalnya server mereka yang mendadak down.

Kalau Anda ingin memilikinya juga silakan daftar dengan mengunjungi idhostinger. Sekali lagi, gratis.

Demikianlah info saya kali ini. Jika belum jelas maka dalam tulisan selanjutnya nanti saya akan membagi ilmu mengenai cara mendaftar di idhostinger tersebut secara langkah per langkah, khususnya bagi Anda yang masih pemula dalam kegiatan cari uang online ini.

Sampai jumpa :)

Cari-uang-online-pemula