Tuesday, February 12, 2008

Cara Gratis Promosi Blog

Cara Gratis Promosi Blog

Mungkin sebagian besar di antara Anda sudah paham bagaimana membuat blog. Pemahaman tersebut mungkin ditunjang juga dengan kemampuan untuk memberikan konten yang berkualitas, berupa artikel unik (niche) yang sesuai dengan topik blog Anda.

Jika Anda ingin menghasilkan uang yang banyak dari blog Anda maka salah satu syaratnya adalah blog Anda harus banyak pengunjung (traffic) nya. Nah, traffic yang tinggi tentu saja tidak datang dengan sendirinya. Ada usaha-usaha yang harus Anda lakukan untuk mendatangkan traffic yang besar ke blog Anda tersebut.

Salah satu usaha tersebut adalah Promosi. Kalau Anda punya anggaran sih tentu hal ini tak jadi masalah, karena Anda bisa memanfaatkan program-program afiliasi untuk mempromosikan blog Anda.

Tapi tidak semua pemilik blog punya anggaran untuk mempromosikan blognya. Atau kalaupun punya belum tentu mereka mau.

Nah, bagi Anda yang benar-benar ingin mempromosikan blognya, maka ada cara yang lebih gampang untuk dilakukan, gratis pula.

Michael Woo dari Associated Content memberikan ‘jalan keluar’ untuk permasalahan promosi blog ini, yaitu dengan memanfaatkan layanan gratisan yang ada di internet. Ada banyak situs yang menyediakan layanan promosi gratis ini. Dua di antaranya adalah MyBlogLog dan BlogExplosion.

MyBlogLog.
Daftarlah di situs ini untuk mendapatkan akun. Setelah terdaftar, letakkan alamat blog Anda di sana. Ada banyak member situs ini, Anda bisa masukkan mereka sebagai kontak dan otomatis mereka akan melihat profil dan blog Anda. Teman dari teman baru Anda itu cukup berpotensi untuk berkunjung. Begitu seterusnya. Simpel, kan?

BlogExplosion. Caranya sama. Daftarkan diri Anda dulu untuk memperoleh akun di situsnya. Perlu 1-3 hari bagi Anda untuk disetujui masuk ke program ini. Program ini mirip dengan “Traffic Exchange Program”.

Tujuan utama dari suatu promosi blog adalah untuk menarik pengunjung atau traffic yang sebanyak-banyaknya agar berkunjung ke blog kita. Dengan traffic yang tinggi maka tujuan untuk memperoleh uang dari blog akan lebih mudah dicapai.